Kamis, 21 Desember 2017

Kelas 4 - Materi IPS kegiatan ekonomi


Kegiatan Ekonomi

Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup seorang diri. Orang tidak bisa menghasilkan semua barang kebutuhannya.
Kegiatan ekonomi adalah segala usaha atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka mencukupi kebutuhan hidup. Contoh kegiatan ekonomi antara lain nelayan mencari ikan di laut, petani mencangkul di sawah, guru mengajar di kelas, dan guru mengajar di kelas.
Ada tiga jenis kebutuhan, yaitu :
1.    Kebutuhan Pokok (kebutuhan primer)
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan utama manusia.
Ada tiga jenis kebutuhan pokok, yaitu :
a.    Makanan (pangan)
b.    Pakaian (sandang)
c.    Tempat tinggal (papan)
2.    Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Contohnya lemari, sepeda, buku, pena, dan sebagainya.
3.    Kebutuhan Tersier
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder terpenuhi.
Contohnya mobil, Ac, computer, telepon, sepeda motor, dan lain-lain. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah.

Faktor lingkungan mempengaruhi kegiatan ekonomi.
1.    Penduduk yang tinggal di daerah dataran rendah banyak yang menjadi petani, buruh tani, pedagang hasil bumi, dan peternak.
2.    Penduduk yang tinggal di daerah sekitar pantai banyak yang menjadi nelayan, petani tambak, petani garam, dan pengrajin.
3.    Penduduk yang berada di daerah dataran tinggi banyak yang menjadi petani sayuran, bunga, dan buah. Peternak dan pedagang.
4. Mata pencaharian masyarakat kota antara lain sebagai pekerja jasa, karyawan swasta, wiraswasta, pedagang, dan buruh.

Ada tiga jenis kegiatan ekonomi, yaitu ;
1.    Kegiatan menghasilkan barang dan jasa (kegiatan produksi)
Contoh kegiatan menghasilkan barang dan jasa antara lain petani bercocok tanam menghasilkan padi. Peternak merawat hewan supaya menghasilkan daging, susu, dan telur.
Contoh kegiatan menawarkan jasa antara lain dokter yang merawat orang sakit, guru yang mengajar dan mendidik para siswa, dan pemandu wisata. Orang yang menghasilkan barang atau jasa disebut produsen.
2.    Kegiatan mendistribusikan barang dan jasa
Kegiatan mendistribusikan barang dan jasa adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Contohnya kegiatan berdagang atau berjualan. Orang yang bekerja mendistribusikan barang dan jasa disebut distributor.          
3.    Kegiatan mengkonsumsi barang dan jasa
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai atau menggunakan barang atau jasa. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia dibedakan dua macam, yaitu :
1.    Sumber daya alam biotik (makhluk hidup), Contohnya: hewan dan tumbuhan
2.    Sumber daya alam abiotik (bukan makhluk hidup), Contohnya : tanah, air, barang tambang, udara, dan sinar matahari.

4 komentar: